Sabtu, 10 November 2018

Perbedaan Air Conditioner dan Air Cooler yang Harus Anda Ketahui Sebelum Membeli

 


Untuk membuat ruangan lebih dingin dan sejuk maka diperlukan sebuah alat atau perangkat pendingin. Dengan semakin canggihnya teknologi, kini kita akan menjumpai aneka macam produk pendingin ruangan di pasaran. Dua diantara produk pendingin ruangan yang paling diminati masyarakat adalah air conditioner dan air cooler. Meski sudah menjadi barang yang populer, namun tidak sedikit publik yang paham betul mengenai perbedaan air conditioner dan air cooler. Nah untuk Anda yang juga belum mengerti maka berikut ini akan disajikan informasi mengenai perbedaan antara air cooler dan air conditioner.

Untuk bisa membedakan air conditioner vs air cooler, maka kita harus bisa mengetahui definisi atau pengertian dari masing-masing produknya. Jadi mari kita mendefinisikan dulu masing-masing produk pendingin ruangan ini. Pertama, ada produk air conditioner atau sering kita kenal dengan nama AC. Produk yang sudah sangat populer ini yaitu perangkat yang mampu mendinginkan ruangan serta juga mengatur suhu ruangan. Kemampuan air conditioner mendinginkan ruangan ini dikarenakan adanya sistem kerja konversi yang menyertakan beberapa senyawa seperti klorofluorkarbon (CFC), perfluorokarbon (FC), serta hidroklorofluorkarbon (HCFC).

Jadi pada awalnya, kipas dari air conditioner akan menyerap udara panas. Dari sini kemudian udara panas akan dialirkan melalui kumparan yang memiliki senyawa-senyawa tadi. Nah dari sinilah maka kemudian terjadi pendinginan dari proses kondensasi yang merubah udara yang panas tadi menjadi lebih dingin. 

Setelah mengetahui definisi dari air conditioner, mari kita melanjutkannya pada definisi air cooler. Sebenarnya air cooler ini ditinjau dari katanya tidak mencermirkan namanya. Sebab meski bernama air cooler, ternyata produk ini tidak bekerja mendinginkan ruangan. Jadi yang dilakukan oleh air cooler ini adalah melembabkan udara sehingga suhu ruangan terasa sejuk. Untuk menyejukkan udara ruangan dengan kelembabannya, air cooler akan memanfaatkan air dingin atau es di dalam tangki. Jadi memang di sinilah letak kunci utama bagaimana air cooler mampu menyejukkan udara. Jadi dari air dingin dalam tangki ini nantinya oleh air cooler akan diubah menjadi uap air untuk nantinya dihembuskan secara terus-menerus hingga udara di sekitarnya lembab dan terasa lebih sejuk.

Agar lebih jelas lagi memahami perbedaan air cooler dan air conditioner, maka kita juga perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing produk. Kita mulai saja dari kelebihan dari produk air conditioner. Kelebihan dari air conditioner (AC) antara lain :

    Dibanding produk pendingin ruangan lain, AC menjadi produk yang paling cepat mendinginkan udara.
    Lebih mudah untuk mengatur suhu udara, baik untuk meninggikan atau merendahkan temperaturnya.
    Tidak terpengaruh pada efek kelembaban yang dihadirkan oleh ruangan tertutup .
    Mampu menghasilkan udara yang paling dingin dibanding produk lainnya.

Tapi meski sudah sangat populer, AC memang juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut beberapa keurangan dari air conditioner tersebut.
    Harganya paling mahal dibanding produk lainnya.
    Membuat tagihan listrik menjadi besar.
    Perawatannya sulit dan rumit sehingga membutuhkan ahlinya untuk merawatnya.
    Karena hanya dipasang permanen, maka AC sulit untuk dipindah-pindahkan. 

Dari air conditioner, kita beralih membahas kelebihan dan kekurangan air cooler. Kita mulai dari kelebihan air cooler yakni :
    Hemat listrik bila diperbandingkan dengan Air Conditioner (AC).
    Harganya lebih terjangkau dibanding harga AC.
    Lebih mudah dipindah-pindahkan karena sifatnya yang portabel.
    Dibanding AC, perawatan air cooler lebih mudah. 

Setelah mengetahui kelebihan air cooler, mari kita bahas kekurangannya, yaitu :
    Cuma dapat melembabkan dan menyejukkan udara.
    Dibanding AC, air cooler lebih lambat bekerja untuk mengubah udara panas.
    Tergantung pada debit air dingin di dalam tangki, sehingga tidak bisa dipakai terus-menerus.
    Tergantung pada ruangan terbuka dengan sirkulasi yang baik. 

Jadi untuk yang ingin membeli produk pendingin ruangan yang tepat, maka Anda harus benar-benar mengetahui bedanya air cooler dan air conditioner tersebut. Dengan mengetahui perbedaan AC dan air cooler maka Anda pun akan lebih bijak dan tidak salah lagi untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Tidak ada komentar:
Write komentar